;

Penyebab Andi Mallarangeng mundur dari jabatannya menpora


Andi menggelar rapat dengan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin dan Ketua Umum KPSI, La Nyalla Mattalitti di Kantor Kemenpora.

Dari hasil rapat tersebut, Andi sempat mengatakan rapat berjalan lancar dan ada beberapa poin yang disepakati. Hal ini dilakukan agar Indonesia tak mendapat sanksi dari FIFA.

FIFA mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena tak juga bisa menyelesaikan dualisme di PSSI.

Kini, Andi sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Menpora. Hal itu ditakutkan berpengaruh kepada penyelesaian konflik antara PSSI dan KPSI.

"Kami juga belum mengetahui apakah pengunduran diri Andi ada pengaruhnya atau tidak. Kami belum tahu sejauh mana pengaruhnya karena Pemerintah dalam kasus sepak bola hanya menjalankan tugas di undang-undang No. 3 tahun 2005, yakni tentang Sistem Keolahragaan Nasional," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Halim Mahfudz, Jumat (7/12/2012).
Dengan kejadian yang menimpa Menpora, lanjuta Halim, PSSI akan tetap menggelar Kongres 10 Desember di Palangkaraya untuk menyelesaikan konflik.
"Kongres akan terus berjalan sesuai kesepakatan MoU. Semoga ada hasilnya dari kongres nanti. Jadi masalah ini tidak sampai ke Pemerintah yang sudah mengultimatum akan mengambil alih," ia menutup.
Dalam kongres nanti, Halim mengatakan peserta akan mengacu pada Kongres yang digelar di Palangkaraya, Maret lalu.
Meski dalam MoU yang ditandatangani kedua belah pihak dan disaksikan perwakilan dari AFC dan FIFA jelas disebutkan bahwa PSSI harus menggelar kongres mengacu pada peserta Kongres Solo, PSSI tetap bersikeras menggelar kongres dengan mengacu pada peserta Kongres Palangkaraya, kembali di Palangkaraya.
Perbedaan krusial terdapat dalam daftar peserta KLB Solo, yang memenangkan Djohar sebagai ketua umum PSSI, dengan Kongres Palangkaraya, yang digelar Maret 2012, setelah Djohar terpilih.
Mayoritas peserta Solo pada kemudian hari merasa tak puas dengan kinerja Djohar dan berbalik memberikan mosi tidak percaya. Mereka kemudian dipecat oleh ketua umum dan digantikan orang-orang yang lebih loyal. Orang-orang pengganti inilah yang menjadi peserta kongres Palangkaraya bulan Maret.
PSSI khawatir jika kongres tetap menggunakan daftar peserta Solo, orang-orang yang tidak puas dengan kinerja Djohar akan mendapat fasilitas untuk menjatuhkan sang ketua dari kedudukannya saat ini.


Anda Telah Membaca artikel Penyebab Andi Mallarangeng mundur dari jabatannya menpora, Baca Juga Artikel Berikut

Nama Anda - 21.49

Posting Komentar