;

Kolibri, Burung terkecil di Dunia asal Indonesia

Barangkalai banyak orang yang akan sepakat bahwa kolibri merupakan burung yan gindah dan menarik. Dulu kolibri banyak sekali terdapat di seluruh pelosok Indonesia. Namuns ekarang spesies burung ini makin sedikit pasalnya karena makin banyak yang diburu.

Padahal jika kita tahu burng ini bisa menjadikan halaman rumah atau kebuh kita lebih terlihat asri. Kolibri termasuk dalam keluarga Trochilidae. Mereka masuk dalam kelompok burung kecil dan salah satu jenis kolibri lebah yang merupakan burung terkecil di dunia yang pernah ditemukan.

Bahkan di beberapa negara Eropa, banyak orang menyediakan makanan untuk kolibri atau mereka yang disebut hummingbird di halaman belakang rumah. Kolibri adalah burung penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat. Mereka dapat melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12 – 90 kali per detik (tergantung dari spesies). Mereka juga dapat terbang mundur dan merupakan satu-satunya kelompok burung yang bisa melakukan hal itu. Dan itu merupakan salah satu keunikan lain dari Burung Kolibri. Selain itu dalam hal berat, burung ini memiliki ukuran berkisar 3 – 7 gram dan mempunyai berat 6,4 cm.

Kolibri tidak makan biji-bijian seperti kebanyakan burung lainnya. Ia lebih suka menghisap madu langsung dari bunga ataupun makanan yang manis-manis. “Makanan kolibri memeng berbeda dengan burung yang lain. Ia suka dengan makanan yang manis-manis. Kalau di alam bebas ia suka menghisap madu sekaligus membantu dalam halm penyerbukan bunga tersebut. Tetapi kalau untuk dipelihara berikan saja air gula atau madu, tetapi ada juga kolibri yang makan kroto. Semua itu tergantung pada jenisnya,” papar Rati.

Burung kecil ini juga sangat cocok untuk master isian, terlebih untuk murai batu, kecel, kenari dan cucak ijo. Burung ini memang mungil, sehingga tidak memerlukan kandang yang terlalu besar, imbuhnya.

Kebanyakan kolibri memiliki paruh yang panjang dan lurus atau hampir lurus, tapi dalam beberapa jenis bentuk parauhnya memang pendek sebagai kebutuhan untuk memberi makan anak-anaknya. Ketika kolibri mematikan madu, paruh hanya dibuka sedikit,d an dia memasukkan palung seperti lidah yang bagai anak panah menusuk keluar dan masuk ke bagian dalam bunga untuk mengambil nektar.


Kolibri merupakan pemakan yang rakus, dan merka harus makan antara 5 sampai 14 kali setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Itulah sebabnya mereka mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan.

Yang unik dari burung ini selain dari suara, warna bulu, harganya pun juga lumayan tinggi. Menurut Rati, bakalan kolibri saja harganya bisa mencapai Rp. 75 ribu. Harga tersebut berbeda ketika kolibri tersebut sudah besar, harganya bisa dua bahkan tiga kali lipat. Tidak susah mengurus kolibri, bagi Anda yang memang hobi memelihara burung, kolibri bisa dijadikan peliharaan yang cantik. Merawatnya juga mudah asal memenuhi syarat 3M (makan, mandi, dan menjemur).

Kolibri bisa mencapai usia 10-12 tahun karena memiliki proses metabolisme tertinggi di antara makhluk yang bisa terbang dan ini merupakan kebutuhan dalam rangka mendukung gerak cepat sayap mereka. Selama musim kawin, kebanyakan si jantan menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar mandir di depan sang betina. Beberapa jenisnya bahkan mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan. Sedangkan betinanya, untuk menarik perhatian sang jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat jet.

Anda Telah Membaca artikel Kolibri, Burung terkecil di Dunia asal Indonesia, Baca Juga Artikel Berikut

Nama Anda - 16.14

Posting Komentar